Selamat dan Sukses, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc.!

 

BANSM-Jakarta---Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. akan mengakhiri jabatannya sebagai Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M). Lembaga mandiri penjaminan mutu eksternal sekolah/madrasah yang kerap mengenalkan jargonnya, Profesional, Tepercaya, dan Terbuka ini, Toni pimpin sejak 2018 sampai 2022 dan diperpanjang hingga 2023. Pria kelahiran Tasikmalaya, 1 April 1970 ini, pada periode sebelumnya, menjadi anggota BAN-S/M sejak 2013 sampai 2018.

Beriringan dengan akhir masa jabatannya, pengajar Statistik di FMIPA Unpad ini memperoleh gelar Profesor. Kenaikan jabatan menjadi Guru Besar yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 26109/M/07/2023 Tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen yang ditandatangani secara elektronik oleh Nadiem Anwar Makarim tersebut menetapkan kenaikan jabatan Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang Ilmu Sains Data. Keputusan Mendikbudristek yang ditetapkan pada tanggal 5 Mei 2023 tersebut merupakan ajuan Rektor Universitas Padjadjaran melalui Surat tertanggal 5 Oktober 2022.

Seperti dikutip dari laman unpad.ac.id. (6/6/2023), dalam acara penyerahan Surat Keputusan Mendikbudristek RI tersebut kepada 16 guru besar baru Unpad yang berlangsung di Executive Lounge, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (5/6/2023), Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE. mengingatkan bahwa kiprah para guru besar Unpad sangat dinantikan. Guru besar diharapkan dapat mengembangkan gagasan untuk melahirkan ilmu pengetahuan dan teknologi baru yang dapat menjadi karya yang dinikmati masyarakat.  “Profesor diharapkan untuk terus mengakumulasikan semua gagasan akademik menjadi suatu kegiatan tercermin dari perilaku intelektual,” tandas Rektor.

Pria yang gemar jogging pagi ini, merupakan jebolan S1 Statistika dari kampus tempat ia mengabdi saat ini, Universitas Padjadjaran, Bandung. lulus pada tahun 1994. Selanjutnya pada 2005 memperoleh gelar M.Sc. dalam bidang Statistics dari KU-Leuven Belgium. Gelar Doktor (Dr.) dalam bidang Spatial Sciences ia peroleh dari perguruan tinggi di negeri kincir angin, Groningen University pada 2010.

Selain berkiprah di BAN-S/M selama dua periode, Toni Toharudin saat ini aktif di berbagai organisasi seperti Muhammadiyah sebagai Anggota Pimpinan Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal (Majelis Dikdasmen PNF) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2022-2027. Sebelumnya aktif sebagai Anggota Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2015-2022. Sesuai kepakarannya, Toni Toharudin juga terlibat aktif di organisasi Statistika seperti: ISI (Ikatan Perstatistikan Indonesia), FORSTAT (Forum Pendidikan Tinggi Statistika) Indonesia, dan ESRA (European Survey Research Association)

Selamat dan Sukses Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. sebagai guru besar baru Unpad. Semoga istiqomah untuk terus berkarya dan inovatif demi kemajuan pendidikan yang bermutu.[dinan]

 

Bacaan lain: https://www.unpad.ac.id/2023/06/unpad-miliki-16-guru-besar-baru/

Share this article on

WHISTLEBLOWING