Jaga Keberlanjutan Program, BAN-S/M mengukuhkan Tiga BAN-S/M Provinsi

 

Bansm2022—BAN-S/M mengukuhkan tiga BAN-S/M Provinsi yang telah habis masa tugasnya di tahun 2022, yaitu BAN-S/M Provinsi Sumatera Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. Pengukuhan dilaksanakan secara moda daring dan luring, Selasa (2/8/2022).

Pengurus BAN-S/M Provinsi yang dilantik hadir secara luring di Aula BPMP/BBPMP masing-masing provinsi. BAN-S/M Provinsi se-Indonesia dan tamu undangan lainnya menghadiri secara daring melalui aplikasi Zoom atau menyaksikan lewat live streaming YouTube. Acara dimulai jam 09.00 WIB dan diawali dengan Pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan SK Anggota BAN-S/M   Provinsi Sumatera Barat, NTT, dan Papua Masa Tugas 2022 s.d. 2026 yang dibacakan oleh anggota BAN-S/M, Muhammad Yusro. Disusul kemudian pengucapan janji jabatan yang dipimpin oleh Ketua BAN-S/M, Toni Toharudin yang diikuti seluruh anggota BAN-S/M Provinsi yang dikukuhkan.

Dalam kesempatan itu, Sufyarma Marsidin hadir dan memberi sambutan sebagai Ketua BAN-S/M Provinsi Sumatera Barat Masa Tugas 2018 s.d. 2022. Disusul kemudian oleh Rifma yang menyampaikan sambutan sebagai Ketua BAN-S/M Provinsi Sumatera Barat Masa Tugas 2022-2026. Sambutan Ketua BAN-S/M Provinsi NTT Masa Tugas 2018 s.d. 2022 disampaikan oleh Darius Tiwu Hero yang dilanjutkan sambutan Ketua BAN-S/M Provinsi NTT Masa Tugas 2022-2026, Arifin Djenawa. Hadir juga Yulius Mataputun yang menyampaikan sambutan sebagai Ketua BAN-S/M Provinsi Papua Masa Tugas 2018 s.d. 2022. Sementara sambutan Ketua BAN-S/M Provinsi Papua Masa Tugas 2022-2026 disampaikan oleh Veronika Urip Indiastuti yang hadir secara daring.

Serah Terima Jabatan dilaksanakan oleh masing-masing Ketua BAN-S/M Provinsi Masa Tugas 2018 s.d 2022 kepada BAN-S/M Provinsi Masa Tugas 2022 s.d. 2026. Selanjutnya diisi dengan Sambutan dari Ketua BAN-S/M, Toni Toharudin yang menyampaikannya secara daring.

“Pengukuhan sejatinya bukan sekadar formalitas-simbolik, namun ada makna yang secara intrinsik penting untuk bisa kita pahami,” Jelas Toni Toharudin dalam sambutannya. Lebih lanjut Toni menjelaskan, “makna tersebut adalah legalitas, komitmen, tanggung jawab, dan integritas untuk menerima dan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.”

“Ikrar yang sudah diucapkan dalam Pengukuhan tadi, harus bisa dimaknai dalam konteks yang lebih luas untuk memadupadankan niat, komitmen dan kesungguhan dalam menjalankan tugas di BAN-S/M provinsi dalam kurun waktu 4 tahun ke depan,” terangnya.

Toni berharap kepada anggota BAN-S/M Provinsi yang telah mengakhiri masa tugasnya tersebut untuk tetap punya semangat berperan dalam bidang pendidikan meski tidak bersama BAN-S/M. Toni pun memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada mereka atas dedikasi, komitmen, loyalitas, dan profesionalisme yang diberikan untuk membesarkan BAN-S/M di provinsi masing-masing.

Tahun 2022 merupakan tahun terakhir bagi anggota BAN-S/M (pusat) masa bakti 2018-2022. Begitu pun juga dengan sebagian besar anggota BAN-S/M Provinsi akan mengakhiri tugas pada tahun ini. Cukup banyak pengabdian telah dilalui, dan berbagai gagasan serta terobosan untuk perbaikan mutu akreditasi S/M. Toni juga berharap ini akan menjadi  goresan tinta sejarah yang akan diteruskan oleh para pengurus berikutnya. Sumbangsih yang sudah kita berikan ini harus disempurnakan dengan menuntaskan berbagai agenda akreditasi yang sedang berjalan saat ini sehingga sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Toni mengingatkan juga untuk mendukung program kerja sama/kemitraan yang direkomendasikan saat Rakornas I di Makassar agar saat ini sudah mulai ditindaklanjuti. Sinergi program dengan berbagai pemangku kepentingan bagaimana pun menjadi kunci. Semangat membangun mutu harus bisa disinergikan dengan berbagai pihak, sehingga hasilnya akan lebih optimal. Di akhir sambutannya, Toni mengharapkan kerja sama BAN-S/M Provinsi yang baru dikukuhkan untuk mendukung kelancaran seluruh program kerja BAN-S/M, yang paling dekat adalah menuntaskan program visitasi tahap 2.

SELAMAT DAN SUKSES kepada anggota BAN-S/M Provinsi yang baru dikukuhkan untuk masa tugas 2022-2026!

 

Untuk menyaksikan kembali kegiatan Pengukuhan, klik tautan kanal Youtube:

https://www.youtube.com/watch?v=hKUcfQif24A

 

 

 (dinan)

Share this article on

WHISTLEBLOWING