REKRUTMEN ASESOR SEKOLAH/MADRASAH TAHUN 2018 - Klik link berikut >> PENGUMUMAN <<

Peserta Pelatihan Sispena-S/M Siap Memantau Pengisian DIA-S/M

Yogyakarta, bansm---Pelatihan Sispena-S/M tahun 2018, selain melatih tenaga IT BAP-S/M agar mampu meningkatkan kemampuan teknis dalam pengelolaan akreditasi sekolah/madrasah secara daring, juga menyiapkan sekolah/madrasah yang akan di akreditasi pada tahun 2018 untuk melakukan pengisian Data Isian Akreditasi (DIA) secara bersamaan. Para peserta Pelatihan Sispena S/M yang merupakan tenaga IT di BAP-S/M, akan dilatih selama tiga hari dengan narasumber dari Anggota BAN-S/M, Tim Ahli BAN-S/M, Tim Teknis Sispena-S/M, Tim Dapodik Kemendikbud, dan Tim EMIS Kemenag [16-17/4/2018].

Pada hari pertama [16/4/2018], pelatihan dimulai dengan kegiatan pembukaan oleh Sekretaris Balitbang  Kemendikbud, Dadang Sudiarto yang kemudian dilanjut materi pertama tentang Kebijakan Akreditasi Tahun 2018 disampaikan oleh ketua BAN-S/M. Pada malam harinya, berturut-turut anggota BAN-S/M lainnya, Budi Susetyo, menyampaikan materi Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Sispena-S/M, Marjuki menyampaikan tentang Proses Audit DIA, dan diakhiri paparan oleh M. Yusro menyampaikan materi Validasi dan Verifikasi.

Tim Pengembang Sispena-S/M yang dikomandani oleh Dodi Firmansyah bersama Aji Mulyana dan Hendi Ahmad Hidayat, pada hari kedua [17/4/2018] mengenalkan fitur-fitur terbarukan pada aplikasi Sispena-S/M tahun 2018. Dilanjutkan dengan pemantauan pengisian DIA oleh S/M di provinsi masing-masing yang disupervisi oleh pendamping kelompok. Banyak pertanyaan yang menjadi kendala teknis sekolah yang mengisi DIA dan menjadi koreksian serta masukan untuk Pengembangan Sispena ke depan. Tim IT dari BAP Sumut yang diwakili Novida, menemukan kasus pada butir 116 jenjang SD yang langsung dikoreksi oleh Aji Mulyana dari Tim Sispena. Aji berharap terus mendapat masukan untuk penyempurnaan Sispena-S/M. Interaksi dilakukan secara langsung maupun via Whatsapp grup. Di hari kedua ini, dijadwalkan kehadiran Fuad Kleb (Tim Dapodik Kemendikbud) dan Denny Triantomo Suryoputro (Tim EMIS Kemenag),  yang akan mengonfirmasi berbagai hal terkait proses integrasi data dengan Sispena-S/M.

Pelatihan Sispena-S/M berlangsung selama tiga hari di Yogyakarta dan akan ditutup besok [18/4/2018] dengan agenda pengecekan hasil pengisian DIA di Provinsi masing-masing. [dha]

Share this article on