Rakornas 2018: Meningkatkan Kredibilitas Akreditasi untuk Pendidikan Bermutu

Tangerang, bansm--Anggota BAN-S/M periode 2018-2022 baru saja dikukuhkan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan pada tanggal 18 Januari 2018. Dengan kehadiran anggota baru tersebut, diharapkan akan membawa spirit baru guna mendukung pelaksanaan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik. Hal ini disampaikan Ketua BAN-S/M dalam sambutan pada kegiatan Rakornas-I BAN-S/M dan BAP-S/M Tahun 2018 di Kota Tangerang, Banten (19/2/2018). Rakornas ini memiliki agenda yang cukup strategis bagi BAN-S/M dalam upaya menyamakan persepsi, pemahaman dan langkah terhadap tugas, fungsi dan tanggung jawab BAN-S/M dan BAP-S/M yang akan melaksanakan program kerja pada tahun anggaran 2018, papar Toni Toharudin.

Melalui Rakornas ini, lanjutnya, BAN-S/M mengharapkan dapat terbangun komunikasi, sinergi, dan kerja sama antara BAN-S/M dan BAP-S/M sehingga program akreditasi tahun 2018 dapat terlaksana dengan efektif, efisien, dan transparan.

Toni Toharudin yang merupakan anggota BAN-S/M untuk periode kali kedua ini menjelaskan bahwa tema yang diangkat dalam Rakornas tahun 2018 adalah “Meningkatkan Kredibilitas Akreditasi Untuk Pendidikan Bermutu.” Tema ini dirumuskan dengan dilandasi oleh sebuah misi besar bahwa pelaksanaan akreditasi yang dilaksanakan oleh BAN-S/M pada periode 2018-2022 dapat memberikan dampak (impact) yang secara riil dirasakan oleh seluruh pemangku kepentingan, terutama Sekolah/Madrasah. Hal ini sejalan dengan harapan yang disematkan oleh Kemendikbud kepada BAN-S/M periode ini bahwa, pendekatan akreditasi mulai tahun 2018 akan mengalami perubahan, dari sebelumnya, “compliance menuju performance”.

Rakornas ini akan diselenggarakan selama tiga hari dengan kehadiran sebanyak 116 peserta dari BAP-S/M seluruh Indonesia. Selamat ber-Rakornas! [f/dha]

Share this article on